Selasa, 24 Januari 2012

Yang Unik Dari Kota Palembang

Palembang adalah Ibukota Propinsi Sumatera Selatan yang merupakan kota kedua terbesar di Pulau Sumatera setelah Medan. Kita sering mendengar kata "Sriwijaya" yang selalu dipakai sebagai ciri khas dari Palembang misalnya Kampus UNSRI (Universitas Sriwijaya), maupun Klub Sepak bola kebanggaan masyarakat Sumsel yakni Sriwijaya FC. Kata Sriwijaya tersebut merupakan nama dari Kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara, Kerajaan Sriwijaya. Kota Palembang merupakan Kota tertua di Indonesia. Kenapa? Berdasarkan sumber dari Wikipedia  terdapat prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 682 Masehi, menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East ("Venesia dari Timur"). Keren juga yah, Palembang?

Jembatan Ampera
Kebanyakan masyarakat di Indonesia sudah mengetahui tentang Jembatan Ampera yang merupakan jembatan yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini merupakan Jembatan dengan panjang 1.117 m yang membelah sungai Musi dan berada di tengah Kota. Pembangunan jembatan gerak ini dimulai pada bulan April 1962 setelah mendapat persetujuan dari presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana rampasan perang Jepang dengan kata lain semua biaya ditanggung oleh jepang baik itu kontraktor maupun pekerja. 









Bukit Siguntang
Bukit ini merupakan salah satu tempat kunjungan wisata maupun tempat ziarah warga Palembang. Tempat ini diyakini merupakan tempat makam leluhur warga Palembang.

Pempek
Siapa yang tidak kenal Pempek atau Empek-empek? makanan khas ini sangat populer karena kelezatannya, dengan bahan dasar ikan dan sagu, empek-empek ini mempunyai berbagai macam bentuk dan nama. salah satunya pempek Kapal Selam yang terdapat telor didalamnya. Dengan saus pedas yang dinamakan Cuko. pempek dapat ditemui di hampir seluruh daerah di Palembang. Sekarang ini, tidaklah sulit menemukan pempek, kita tidak harus pergi ke Palembang untuk menikmatinya, karena rata-rata di kota-kota besar sudah terdapat Toko-toko yang menjual pempek, jadi jangan khawatir untuk menikmati makanan unik ini.











Itulah Keunikan dan Ikon dari Kota Palembang, karena setiap kita mendengar kata Palembang disebut otomatis kita akan berfikir tentang hal diatas, di postingan berikutnya nanti akan dibahas mengenai jenis pempek beserta nama-nama unik dari pempek tersebut, sekian. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar