Rabu, 25 Januari 2012

Pempek dan Sanak Saudaranya

Kali ini saya akan membahas tentang Pempek. Kenapa harus empek-empek? perlu sahabat ketahui pempek yang kita kenal selama ini hanyalah salah satu atau salah dua dari jenis pempek yang ada. Yang kita tahu selama ini sebagian besar adalah pempek Kapal Selam, kemudian adaan atau pempek Kulit. Nah, berikut ulasan dari saya mengenai jenis-jenis pempek yang mungkin belum anda ketahui apalagi merasakan kenikmatannya.

Pempek Lenjer
Pempek jenis ini adalah pempek yang dibuat dengan bentuk bulat panjang, ada yang kecil menyerupai lontong, ada juga yang besar. Pempek jenis ini teksturnya lebih padat dan berisi karena adonannya yang juga padat, apabila sahabat sering makan pempek lenjer pasti sudah tahu kalu pempek lenjer ini cukup alot dan agak keras. Tapi tidak mengurangi rasanya yang mantap, walaupun alot. hehehe.


Pempek Lenjer
Lenggang
Pempek jenis ini sangat berbeda dengan pempek lainnya karena campurannya lebih variatif. Bahan dasar dari lenggang ini adalah irisan dadu dari si pempek Lenjer tadi loh, kemudian di campur dengan kocokan telor ayam lalu dibungkus daun pisang dan dipanggang. Tentunya kalau dilihat dari segi proses dan cara masaknya, Lenggang ini cukup memakan waktu. Lain halnya dengan pempek lenjer yang langsung bisa di santap. nah, sahabat bisa ngebayangin kan rasanya bagaimana? wah, jadi ngiler nih..
Jangan lupa Cukonya ya, cara penyajian Lenggang ini tergantung dari penjual, ada yang menambahkan mie, ebi, ataupun irisan timun. Tergantung selera.

Model
Kalau kita mendengar dari namanya tentunya sahabat merasa heran bin aneh. Kenapa dinamakan "model". Penulis juga kurang tahu tuch asal usul dari penamaan model ini, yang pasti cara masaknya adalah pempek kapal selam yang di rebus, kebayangkan? tentunya lebih lembut dibanding yang di goreng, Model ini cara penyajiannya hampir mirip dengan bakso, bedanya model ini gak pake sayuran. Hanya di tambah bihun, seledri, bawang goreng dan kecap (tergantung selera), jadi model ini menyerupai sup getoh...


Model

Pempek Adaan
Berbeda dengan pempek lenjer, adonan dari pempek adaan ini lebih lunak dan lengket. Agak mirip cara membuat baso dech, kalo adonan dari pempek lenjer itu bisa dibentuk bulat panjang, sementara adonan dari pempek adaan ini perlu memakai bantuan sendok. Mengenai rasa dari pempek ini juga berbeda dikarnakan lebih lembut dan didalam adonan biasanya terdapat bawang goreng. Jadi rasanya lebih lembut disertai rasa bawang gorengnya, hemmm..

 
Tekwan
Kalau Tekwan ini bentuknya kecil -kecil karena pada saat merebusnya adonan tekwan itu di ambil sedikit-sedikit secara acak tanpa dibentuk, cara penyajiannya sama seperti model hanya saja bedanya dari bentuk dan lebih lunak.


Tekwan

Pempek Adaan

Pempek Panggang
Nah, lain halnya dengan pempek yang lain, pempek yang satu ini terasa beda. Bahan dasarnya juga lebih banyak tekstur sagunya dibanding terigu. sehingga agak keras. Cara masaknya adalah adonan dibentuk bulat kemudian di panggang di atas bara api. setelah agak keras dan matang (didalamnya diisi ebi, sambal, dan kecap manis). Wah kebayang rasanya bukan. Ini dia gambarnya, tapi jangan sampe' ngiler yah....


Pempek Panggang
Jadi, sahabat sekalian jangan ragu untuk menanyakan apabila kalian lagi beli pempek, jangan terpaku sama pempek Kapal selam dan adaan melulu. Cobain jenis yang laen terutama Model dan Pempek Panggang, ataupun Lenggang. Dijamin ga bakalan nyesel, pasti ketagihan. Itu aja dulu postingan saya, semoga bermanfaat. S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar