Rabu, 25 Januari 2012

Tips Untuk Berhenti Merokok

Kali ini saya akan mengulas tentang Cara-cara atau tips untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Banyak orang disekeliling kita yang merupakan perokok berat. Apakah itu orang tua kita, saudara ataupun pasangan kita. Pun tidak sedikit yang sudah mengetahui atau mengerti tentang bahaya dari merokok. Saya mengambil tema ini karena menurut saya sangatlah penting untuk tidak merokok, dan saya dahulunya juga seorang perokok walaupun bukan seorang perokok berat. Kebanyakan dari kita pada awalnya menjadi seorang perokok lebih disebabkan oleh faktor lingkungan. faktor lingkungan ini sangat besar pengaruhnya karena kita selalu dihadapkan pada kondisi dimana teman-teman, baik itu ditempat kerja ataupun ditempat tinggal selalu "mengajak" untuk merokok. Nanti dibilang enggak gaul lah, dibilang banci lah, di bilang ngirit lah, dsb. yang menyebabkan kita "membenarkan" cara kita untuk tetap merokok.
Ada baiknya jika sahabat sekalian yang masih merokok tapi ingin sekali berhenti dari perbuatan merokok membaca dan menjalankan tips berikut ini.



Berdoa Kepada Allah SWT
Berdoa kepada Yang Maha Kuasa adalah bentuk dari pemasrahan diri, karena semua yang kita rencanakan tentunya akan berbalik lagi pada Yang Maha Menentukan. Apalagi kita berdoa untuk kebaikan, tentunya Tuhan akan mengabulkan doa kita diiringi dengan usaha yang ulet dan tak kenal menyerah.

Mengetahui Dampak Buruk dari Seorang Perokok
Sangatlah penting untuk anda mengetahui bahaya dari merokok, baik itu dari segi kesehatan maupun dari segi keuangan. Anda dapat melihat kerugian yang diakibatkan oleh asap rokok sangatlah berbahaya. Didalam rokok tedapat banyak sekali zat-zat yang sangat berbahaya diantaranya, Nikotin (penyebab ketagihan), Tar (penyebab kanker), serta zat-zat lain yang dapat menyebabkan impotensi dsb. Mungkin dengan mengetahui bahaya dari zat-zat tersebut akan membuka pikiran kita untuk tidak merokok.

Niat Yang Kuat
Niat adalah awal dari semua usaha yang kita lakukan, dengan niat yang kuat akan menjadikan otak kita berfikir secara lebih kritis. Berfikir tentang bahaya merokok, anak-anak kita dan keluarga kita dapat menguatkan diri kita supaya berhenti merokok.

Cari Alasan Yang Kuat Kenapa Harus berhenti Merokok
Kita harus punya alasan kenapa kita harus berhenti merokok? apakah karena takut sama pasangan, orang tua kita? atau hanya ikut-ikutan supaya terlihat lebih dewasadan bijak? hehehe... apakah kita berhenti merokok karena demi masa depan kita? kesehatan kita?
Nah, akan sangat baik jika anda mengetahui dan punya alasan kuat untuk berhenti merokok.

Rela Menderita dan Malu
Disini saya berkata rela Menderita karena tidak sedikit orang yang gagal untuk merokok dikarenakan tidak mampu menahan rasa "ketagihan" ataupun rasa "keinginan" untuk kembali merokok. Jangan sekali-kali berkata pada diri anda "ah ga apa-apa cuma satu batang ini.. besok baru saya berhenti beneran". Kata -kata tersebut nantinya akan "membujuk" supaya anda akan mencoba satu, dua, sampai tiga batang yang pada akhirnya akan membuat anda menjadi "GAGAL". Jadi anda harus rela dan kuat untuk menderita untuk menahan rasa ingin merokok. Disaat teman anda merokok tentunya dia akan menawarkan ataupun menanyakan kepada anda kenapa anda tidak merokok. Jawablah dengan jujur bahwa anda ingin berhenti merokok, tidak usah malu !!. Dengan demikian teman anda telah mengetahui bahwa anda punya rencana untuk berhenti merokok. dan apabila suatu saat anda mau merokok setidaknya anda akan malu dengan perkataan anda sebelumnya yang mau berhenti merokok.

Siapkan Kata Ejekan Kepada Diri Anda Jikalau Anda Mau Merokok
Ejeklah dan berkatalah pada diri anda sendiri jika "saya gagal untuk berhenti merokok, saya adalah laki-laki pecundang".Atau "jika saya masih saja merokok saya adalah Laki-laki yang tidak bisa memimpin, buktinya berhenti merokok saja tidak bisa". Atau siapkan kata-kata yang anda berikan kepada keluarga jika anda GAGAL keluarga anda akan mengejek anda dan mempermalukan anda. Dengan begitu anda akan berfikir ulang untuk mencoba merokok.

Libatkan Keluarga atau Pasangan Anda
Beri tahu keluarga atau pasangan anda jika anda berniat untuk berhenti merokok, dengan demikian anda akan selalu diingatkan oleh mereka pada saat anda berniat untuk kembali merokok.

Kesimpulan dari tips diatas adalah cara praktis untuk berhenti merokok adalah ada pada niatan dari pribadi masing-masing, apakah dia memang mau berhenti merokok atau hanya perkataan di mulut saja. Nah, mudah-mudahan cara-cara yang saya berikan diatas tadi sedikitnya bisa membuat anda bisa menjadi orang yang bebas dari rokok.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar